Taman Belakang Rumah Yang Pas Untuk Lahan Sempit

Saturday, August 31st, 2019 - Taman
Taman Belakang Rumah Minimalis

Membuat hunian yang nyaman merupakan salah satu hal yang diinginkan banyak orang. Dengan tempat tinggal yang nyaman, maka kita bisa beristirahat dengan lebih baik dan akan betah tinggal di rumah. Salah satu cara untuk mewujudkan tempat tinggal yang lebih nyaman adalah dengan membuat taman belakang rumah. Taman tersebut bisa kita desain sendiri sehingga akan menjadi tempat yang nyaman untuk menikmati keadaan saat kita pulang dari tempat kerja. Kita bisa menyesuaikan konsep taman yang kita miliki dengan luasan lahan yang ada sehingga taman akan lebih maksimal.

Dengan adanya taman, kita bisa menikmati udara yang lebih bersih. Selain itu, taman belakang  yang kita bangun juga bisa membantu kita untuk refreshing setelah bekerja seharian. Bila kita tinggal di perkotaan yang padat dengan kondisi lingkungan yang sedikit memprihatinkan, membuat taman belakang terkadang akan terhadang kendala karena perilaku masyarakat yang tidak sehat. Misalkan kebiasaan masyarakat yang membakar sampah  membuat kita tidak bisa menikmati taman yang kita buat karena asap dari pembakaran sampah yang berbau tidak sedap dan mengganggu kesehatan.

Taman Belakang Rumah Modern

Taman Belakang Ruang Sempit

Perabotan Taman Belakang Rumah

Ide Taman Belakang

Desain Taman Belakang Rumah

Konsep Taman Belakang Rumah Untuk Lingkungan Berpolusi Udara

Untuk mengatasi lingkungan dengan polusi udara yang buruk bagi kesehatan, kita bisa membangun rumah dengan konsep Green House. Konsep ini mampu mengatasi masalah karena merupakan konsep taman indoor yang bisa mengisolasi taman dari udara luar yang tidak nyaman. Konsep taman ini sangat pas bila Anda memiliki lahan belakang yang sempit dan minim cahaya matahari. Dengan demikian, kita bisa mengaplikasikan taman meskipun memiliki rumah di perkotaan dengan lahan terbatas sehingga kualitas hunian yang kita miliki menjadi lebih baik.

Untuk membangun sebuah taman indoor, maka kita perlu mempersiapkan budget yang sesuai. Kita bisa membangun taman secara bertahap sesuai dengan budget yang ada. Untuk itu kita bisa membuat list kebutuhan untuk membangun taman tersebut. Karena memiliki konsep indoor, maka untuk membangun taman tersebut kita membutuhkan atap. Atap yang kita gunakan bisa menggunakan bahan dengan harga yang tinggi ataupun rendah sesuai dengan kebutuhan. Setelah membuat atap kita bisa  membangun taman belakang tahap demi tahap sesuai kebutuhan dan ketersediaan anggaran.

Atap Taman Dengan Konsep Green House

Sebuah taman akan membutuhkan cahaya matahari yang cukup agar tanaman yang ada bisa tumbuh dengan baik. Untuk itu, kita bisa membuat atap yang transparan sehingga cahaya matahari bisa masuk. Bila Anda memiliki budget lebih, Anda bisa membuat atap taman belakang dari kaca. Untuk frame yang digunakan  kita bisa membuat dari bahan kayu, baja ringan ataupun aluminium. Untuk ketebalan kaca, kita bisa menggunakan kaca dengan ukuran tebal lebih dari 5mm hingga maksimal 10mm. Agar aman, kita bisa menggunakan kaca yang bila pecah akan hancur menjadi serpihan kecil.

Untuk budget yang lebih rendah, kita bisa membuat atap taman belakang menggunakan plastik UV yang bisa kita dapatkan di toko pertanian ataupun toko karpet. Dengan menggunakan plastik jenis ini, maka tanaman yang ada akan tumbuh dengan lebih baik karena cahaya matahari bisa disaring dengan plastik jenis ini. Plastik ini juga merupakan plastik yang kuat karena bisa bertahan hingga lebih dari 10 tahun untuk pemakaian standar. Untuk atap sendiri, kita bias menggunakan baja ringan, kayu, aluminium, atau bisa juga menggunakan pipa PVC dengan ukuran ¾ inch.

Kolam Untuk Taman Berukuran Kecil

Apabila atap telah terpasang dengan baik, maka kita mulai membangun taman belakang rumah secara bertahap. Untuk kebutuhan taman yang asri, kita memasang kolam sehingga nuansa air yang sejuk dan segar bisa kita rasakan. Di daerah perkotaan sangat cocok bila kita membuat kolam protabel atau kolam yang bisa dibongkar pasang. Kita bisa membuatnya dengan menggunakan ember bak berukuran besar yang disesuaikan dengan bentuk taman yang akan kita bangun. Selain ember, kita juga bisa menggunakan drum yang terbuat dari fiber sehingga lebih awet.

Salah satu keunggulan kolam portabel adalah kita bisa membersihkan dengan mudah bila kolam tersebut kotor. Kita juga bisa memindahkan kolam dengan mudah bila kita akan membangun ulang taman tersebut. Kolam untuk taman belakang rumah bisa kita aplikasikan dengan 2 model yang berbeda. Bila atap taman tidak terlalu tinggi, maka kita bisa membuat kolam tanam sehingga akan terlihat lebih alami. Namun kita juga bisa membuat kolam diatas permukaan yang dihiasi dengan tanaman disekitarannya.

Dengan menggunakan kolam portabel, kita juga bisa membuat berbagai instalasi yang menarik. Kita bisa memasang pompa air untuk saringan air yang juga bisa kita gunakan sebagai hiasan taman. Kita bisa memasang pipa dengan desain dan arsitektur yang menarik sehingga taman akan lebih hidup. Dengan instalasi yang ada, kita bisa membuat air mancur atau air terjun mini untuk menghiasi taman belakang rumah milik kita. Dengan adanya unsur air yang berlimpah, maka taman yang kita buat akan lebih nyaman untuk dinikmati. Lihat juga Bahan Vas Bunga Yang Bisa Kita Pilih Untuk Menghias Ruangan.

Konsep Taman Minimalis Untuk Lahan Sempit

Bila lahan yang akan Anda buat taman belakang rumah terlalu sempit, kita bisa mengaplikasikan taman dengan konsep yang tepat sehingga akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Kita bisa menyesuaikan bahan yang kita gunakan hingga tetap mendapatkan taman yang sesuai dengan keinginan. Konsep taman minimalis bisa kita gunakan secara efektif untuk lahan sempit.  Dengan menggunakan konsep ini, kita akan mendapatkan taman yang menarik dengan biaya yang relatif lebih rendah. Kita bisa berkonsultasi dengan ahli pertamanan dan eksterior untuk hasil yang maksimal.

Aplikasi Lampu Taman

Agar taman yang kita miliki lebih terasa meriah, kita bisa memasang lampu taman. Lampu taman yang digunakan pada taman indoor memiliki fleksibilitas sendiri. Kita bisa menggunakan lampu downlight ataupun lampu sorot bisa.  Untuk kolam, bahkan kita bisa pasang lampu akuarium sehingga kolam akan memancarkan cahaya yang membuat seluruh taman menjadi lebih menarik. Untuk pemilihan tanaman    kita juga bisa memilih dengan ukuran yang pas sehingga warna dan garadasi cahaya bisa dengan maksimal menghiasi taman kita.

Tanaman Dalam Pot Untuk Taman Minimalis

Untuk taman minimalis, kita bisa menggunakan tanaman yang kita tanam dalam pot sehingga lebih mudah diatur dan juga diganti bila kita membutuhkan suasana baru. Kita bisa memilih pot yang sesuai dengan ukuran taman sehingga tampak asri. Terlalu banyak tanaman akan membuat taman belakang rumah yang kita buat menjadi terkesan penuh. Dengan keadaan tersebut, maka kenyamanan saat melihat taman bisa berkurang.

Taman belakang rumah selain menggunakan pot biasa. Kita juga bisa menggunakan media tanam yang ditempelkan pada dinding  sehingga dinding lebih berwarna. Selain itu, aplikasi beberapa pot gantung juga akan membuat taman menjadi lebih semarak. Sebaiknya, kita menggunakan komposisi yang pas untuk tanaman sehingga taman bisa tampil lebih menarik. Untuk itu, kita bisa konsultasi dengan penyedia jasa pertamanan maupun desain eksterior yang berpengalaman.