Pintu Geser (Variasi dan Cara Merawatnya)

Monday, September 2nd, 2019 - Tips
Pintu Geser Modern Minimalis

Pintu geser atau sering disebut sliding doors sangat berperan penting untuk pembatas ruangan dengan tanpa memakan ruang yang terlalu banyak.

Penggunaan sliding door di rumah-rumah minimalis akan sangat membantu dalam mempermanis dan memperluas ruangan. Pintu tersebut biasanya dipasang dengan memakai trek yang dapat digeser ke dua arah.

Saat ini sudah banyak macam-macam sliding door yang biasa dipasang di rumah maupun kantor. Pintu yang digeser akan mempercantik ruangan Anda dengan tampak sempurna.

Letakkan pintu ini pada tempat yang memungkinkan dan pilihlah bahan pintu yang sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa pemasangan sliding doors yang kurang tepat akan memicu kerusakan, oleh karena itu sebaiknya konsultasikan pada ahlinya.

Selain itu Anda mungkin dapat melakukan perawatan sliding doors dengan baik agar tidak mudah rusak.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas sedikit tentang macam-macam sliding doors dan cara perawatannya.

Ada beberapa macam pilihan pintu geser yang dapat Anda pilih, diantaranya seperti pocket doors, arcadia doors, bypass doors, mirrored doors, dan shoji screens.

Pintu-pintu tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.

Nah, sebaiknya Anda mengetahui karakteristik dari masing-masing pintu tersebut sehingga Anda memperoleh pintu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah diantaranya.

Desain Pintu Geser Minimalis

Macam-Macam Pintu Geser Yang Bagus

1. Pocket doors

Pocket doors merupakan pintu geser yang banyak dipakai untuk ruangan yang memiliki tempat terbatas.

Beberapa tempat yang biasanya dipasang pintu pocket antara lain seperti kamar mandi, kantor, lemari, kamar khusus, dan lain-lain.

Pintu pocket ini dapat meluncur sendiri dan dapat bersembunyi ke pocket yang telah terpasang di dekat dinding.

2. Arcadia doors

Pintu geser arcadia memang banyak digemari oleh kebanyakan orang karena terbuat dari kaca.

Bentuk dari pintu ini cukup sederhana, yaitu persegi panjang yang dipasang pada sebuah rol yang sejajar dengan sebuah panel kaca.

Dengan demikian, pintu tersebut dapat membuka dan menutup dengan lebih mudah. Biasanya pintu ini dijadikan sebagai pemisah ruangan eksterior dan interior.

Bila Anda memiliki taman belakang rumah, maka aplikasikan slidingdoors ini agar rumah Anda terasa lebih menyatu dengan alam.

3. Bypass doors

Pintu bypass adalah sejenis sliding doors yang biasanya dipakai untuk almari ataupun pantries.

Penggunaan pintu ini dapat dinilai efektif karena saat sliding doors ini tertutup dimana pintu ini dapat berdiri dan mendekat dengan sisi pintu lain sehingga bisa menghalangi akses masuk.

Pintu ini biasanya dipasang pada bagian treak atas dan bawah kusen pintu.

4. Mirrored doors

Mirrored door ini dapat ditemukan seperti pada bypass doors dan pocket doors. Anda bisa mengaplikasikan pintu ini di almari kamar tidur sehingga bisa menciptakan ruangan yang lebih luas.

Selain itu, pintu ini juga dapat dipakai sebagai cermin sehingga lebih praktis dan menghemat pengeluaran. Pintu geser ini memang memiliki fungsi ganda yang bisa menguntungkan para penggunanya.

5. shojiscreens

Perlu Anda ketahui bahwa shoji screens merupakan salah satu jenis lain dari pintu geser.

Mengapa demikian?

Pintu tersebut dibuat dari bahan kayu dan kertas yang tembus cahaya.

Jenis pintu ini sudah sangat terkenal terutama di Jepang. Kebanyakan penduduk Jepang memakai pintu ini untuk menyekat bagian ruang satu dengan yang lainnya.

Adanya kertas yang dapat tembus pandang tentunya membuat keunikan tersendiri. Lihat juga Tirai Gorden Pintu Minimalis Buatan Sendiri.

Ketika Anda menggunakan pintu geser di rumah ataupun kantor sebaiknya dirawat dengan baik sehingga dapat awet dan tidak ada kendala.

Hal-hal yang sering mengganggu adalah saat pintu sulit untuk digeser atau tersendat. Nah, berikut ini akan kami berikan tips bagaimana merawat pintu geser atau slidding door agar lebih awet.

Pintu Geser Kayu Modern

Tips dan Cara Merawat Pintu Geser

1. Merawat pintu yang mulai seret

Masalah utama pada sliding doors adalah rel pintu geser yang seret atau susah saat di tutup maupun dibuka. Hal tersebut biasanya terjadi pada bagian railing pintu.

Kotoran-kotoran yang menyangkut pada railing memang akan membuat pintu tersebut susah dibuka ataupun ditutup.

Sebenarnya Anda bisa memperbaiki sendiri pintu tersebut dengan mencopot pintu caranya mudah, yaitu mengangkat pintu sedikit lalu buka skrup dengan memakai obeng.

Apabila sudah, maka bersihkan railing dengan memakai kuas sehingga kotoran-kotoran yang melekat akan mudah terangkat.

Setelah itu Anda bisa memasang pintu kembali seperti semula.

2. Merawat pintu geser dengan railing atas

Pintu geser dengan railing atas terkadang mengalami kendala seperti susah digeser atau seret. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut karena dapat dilakukan perbaikan.

Namun, sebaiknya sebelum masalah tersebut menimpa Anda akan lebih baik bila Anda mengecek dengan rutin tiap bulannya.

Pengecekan sekrup dan roda sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk pintu.

Nah, apabila sekrup dirasa mulai longgar, maka sebaiknya segera diperbaiki dengan mengencangkannya.

Pintu Geser Kayu Minimalis

3. Merawat pintu geser agar awet dan tidak berisik

Seringkali masalah sepele yang melanda sliding doors model apapun adalah berisik dan tidak awet. Banyak orang yang sudah menutup ataupun membuka pintu dengan hati-hati tanpa menimbulkan suara apapun.

Cara tersebut memang benar karena bila Anda menutup atau membuka pintu dengan keras, maka frame pintu akan cepat rusak.

Namun, akan lebih baik lagi bila Anda memasang penahan yang terbuat dari busa dan direkatkan pada tepi-tepi pintu tersebut.

Hal tersebut akan meminimalisasi kerusakan pada frame pintu dan tentunya lebih awet.

4. Merawat pintu geser bahan kaca

Pintu geser kaca memang sangat digemari oleh banyak orang karena dapat memberi kesan menyatu antara satu bagian ruangan pada bagian ruangan lainnya.

Namun pintu geser kaca tersebut mudah kotor dan berdebu. Nah, apabila melihat kotoran atau debu yang melekat pada pintu tersebut tentu akan mengganggu kenyamanan Anda.

Masalah tersebut dapat diatasi dengan rutin membersihkan pintu kaca geser minimal 3 hari sekali menggunakan pembersih khusus kaca.

Pintu Geser Kaca

5. Merawat pintu geser kayu

Pintu geser kayu juga masih banyak diminati karena kayu dapat diukir dan dijadikan pintu geser yang cantik.

Namun sebaiknya pilihlah kayu yang berbahan ringan karena bila terlalu berat maka railing akan bekerja ektra. Nah, untuk pintu geser kayu lebih baik menggunakan railing bawah agar tidak mudah terjadi kerusakan.

Pintu Geser Minimalis

Dari ulasan tersebut dapat diketahui bahwa akan ada banyak kendala ataupun masalah yang terjadi pada pintu geser apabila tidak dirawat dengan tepat.

Demikian ulasan tentang pintu geser dan cara merawatnya dengan benar dan tepat. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda sehingga Anda bisa memilih pintu geser sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu Anda juga dapat merawatnya agar bisa lebih awet dan tahan lama. Cara-cara tersebut dapat Anda terapkan sebaik-baiknya.